Sabtu, 24 Maret 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI LAPTOP DI GERAI LAPTOP “SRIWIJAYA KOMPUTER” MATARAM*


 Ida Bgs. Eka  Artika

                  

ABSTRACT :
The use of “laptop”(note book) as an information technological  tool, is going to growth rapidly  in recent years, especially for the people who need the convenience in working related to the technological  information. This research  aimed to know about factors influencing the consumer’s buying decision of the “laptop”  depend on individual, environment  and marketing stimulate  aspects  and which one’s of the factors was dominantly influencing  consumer’s buying  decision of laptop at  “Sriwijaya Computer Shop”.. 
            The type of the  research was descriptive, and data collection method was  sample survey. Sampling method was conducted by non probability random sampling and sample taking technique  was accidental sampling. The research involve 100 consumers/buyer of laptopat “Sriwijaya Computer Shop”,  with 16 variables to be studied. These variables were explored from  three aspects of the consumer decision behavior  e.g.:  the consumer’s individual aspect, the environment consumer’s  aspect and  the marketing stimulate (marketing mix)  aspect.
        By  using the  factor analysis models,  the result shows that 15 variables  forms into 6 factors with total variance about 74.884 percent. The six factors in terms of eigenvalue and variance percentage are : Product  mix factor as the most influencing  factors appears with 3.070 eigenvalue and  19.188 percentage  of variance; Price mix factor in the second factor  appears with  2.683 eigenvalue and  16.767 percentage of variance; The third factor is  consumer’s individuals  factors with 1.976 eigenvalue and 12.347 percentage of variance; The  consumer’s  environment  factor as the forth factor appears with 1.843 eigenvalue and 11.521 percentage of variance; The fifth factor is  distribution mix factor with 1.344 eigenvalue and 8.402 percentage  of variance; The last factor which  is the promotional mix factor with  1.065 eigenvalue and 6.659 percentage of variance.
 Because of the  product mix factor (consist of :  brand image, the laptop performance and the feature facility on the laptop) is  the most  influencing  consumer’s buying decision of  laptop,  the  marketer shall be designed a marketing strategic by considering  product mix factor  especially brand image, the laptop performance and the feature facility on the laptop.  For the next  researcher, we hope that the research of the consumer’s behavior  related to change of consumer’s preference  on buying laptop shall be continued.  










kEYWORD : Laptop/notebook, the consumer’s individual aspect, the environment consumer’s  aspect and  the marketing stimulate (marketing mix)  aspect.











         
ABSTRAK

        Penggunaan laptop untuk memenuhi berbagai kebutuhan  dalam bidang  teknologi informasi  saat ini  menunjukkan  kecenderungan yang meningkat dengan cepat  dari waktu ke waktu  di masyarakat, khususnya masyarakat   yang menginginkan  kemudahan  dalam bekerja yang berkaitan dengan  teknologi informasi, yang mulai menjadi kebutuhan utama masyarakat dewasa ini.
Permasalahan yang dirumuskan dalam  penelitian ini adalah : faktor-faktor  apa yang mempengaruhi keputusan konsumen  dalam membeli laptop di gerai laptop “Sriwijaya Komputer”  Mataram, dilihat dari  aspek-aspek   individual  konsumen,  aspek  lingkungan dan aspek  stimuli pemasaran, dan  faktor manakah  yang  dominan berpengaruh  terhadap keputusan pembelian laptop tersebut.
  Jenis penelitian  adalah penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data  sampel survey terhadap  pembeli laptop. Metode sampling  dilakukan secara  non probability random sampling,  dengan teknik pengambilan sampel  aksidental sampling.  Jumlah sampel responden sebanyak 100 orang. Variabel penelitian sebanyak 16 yang diduga mempengaruhi  keputusan pembelian konsumen laptop di gerai laptop “Sriwijaya Komputer” Mataram.
 Setelah melakukan analisis dengan model analisis faktor, terdapat 6 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli laptop di gerai laptop “Sriwijaya Komputer”, yang  dibentuk oleh 15 variabel  yaitu:
-           faktor pertama adalah  bauran produk  ( citra merek, tampilan laptop, dan fitur yang tersedia) dengan eigenvalue 3,070 dan varians 19,188 persen
-           faktor bauran harga dan kualitas (harga, kemudahan menjual kembali dan kualitas) dengan eigenvalue  2.683 dan varians 16.767 persen.
-           faktor individual konsumen ( pendapatan keluarga, kebutuhan akan alat kerja ataupun  dalam pendidikan dan  persepsi tentang laptop ) dengan eigenvalue 1.976 dan varians 12,347 persen.
-           faktor lingkungan konsumen ( interaksi sosial, merk laptop dan referensi teman ) dengan eigenvalue 1,843 dan varians 11,521 persen.
-           faktor  bauran distribusi ( ketersediaan laptop dan layanan purna jual )  dengan eigenvalue  1,344 dan varians 8,402 persen
-           faktor promosi yang dibentuk oleh variabel tunggal yaitu variabel promosi  dengan eigenvalue 1,065 dan varians 6,659 persen
Faktor dominan yang mempengaruhi keputusan  konsumen dalam pembelian laptop adalah  faktor bauran produk (eigenvalue 3,070 ; varians 19,188 persen).
    Dari hasil penelitian ini disarankan  kepada pihak pemasar agar memperhatikan faktor produk, khususnya  citra merek, tampilan laptop  dan fitur yang tersedia sebagai bahan pertimbangan dalam  menyusun strategi pemasaran, dan juga  saran kepada peneliti lain agar  melakukan penelitian yang berhubungan  dengan perilaku konsumen, khususnya  dalam mengikuti perubahan selera konsumen laptop.

 

 

 
















Kata Kunci : laptop/notebook, aspek-aspek   individual  konsumen,  aspek  lingkungan dan aspek  stimuli pemasaran.


                   

LATAR  BELAKANG


Memahami  perilaku konsumen khususnya dalam keputusan  pembelian produk, merupakan salah satu dasar bagi suksesnya pemasaran. Pihak perusahaan akan dapat menyusun strategi yang efektif untuk mendukung penawaran yang menarik bagi pasar sasaran, disamping untuk memperoleh informasi  yang dibutuhkan dalam  rangka membuat keputusan  yang tepat dalam bidang pemasaran. 
 Riset perilaku konsumen adalah bagian dari riset pemasaran. Pelaksanaan riset perilaku konsumen terhadap suatu produk akan memberikan banyak informasi yang terkait dengan perilaku konsumen terhadap produk, mulai dari proses  pengenalan masalah, pencarian informasi sampai kepada perilaku pasca pembeliannya.
Engel et.al (1992, 59) mengungkapkan bahwa  kompleksitas faktor-faktor yang mempengaruhi dan membentuk  perilaku proses keputusan terdiri dari  pengaruh lingkungan,  perbedaan individu dan proses psikologis, sedangkan proses keputusan  konsumen, disebutkan  terdiri  dari langkah-langkah : pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan hasil. Assael  menyatakan bahwa terdapat tiga aspek yang mempengaruhi pilihan konsumen, yaitu aspek individual,  aspek lingkungan dan aspek stimuli pemasaran.
Laptop/note book  merupakan salah satu produk teknologi informasi di bidang komunikasi yang sedang  berkembang  saat ini  dengan perkembangan yang sangat pesat. Permintaan  laptop oleh masyarakat Kota  Mataram ditandai dengan  relatif  banyaknya jumlah gerai  atau toko yang menjual laptop  di Kota Mataram,  yaitu sebanyak 29 gerai yang tersebar di Kecamatan Cakranegara  sejumlah  9 gerai,  Mataram   sejumlah 12 gerai dan Ampenan  sejumlah 8 gerai.
Dalam penelitian ini  akan dicoba untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen di dalam membeli laptop, yang digali dari aspek-aspek individual konsumen, aspek lingkungan dan stimuli pemasaran, bagi konsumen yang membeli laptop di gerai “Sriwijaya Kompouter,” Mataram.

PERMASALAHAN


1)      Faktor-faktor  apa yang mempengaruhi keputusan konsumen  dalam membeli laptop  di  kota  Mataram, dilihat dari  aspek-aspek   individual  konsumen,    lingkungan dan  stimuli pemasaran
2)      Dari faktor-faktor yang diidentifikasi, faktor manakah  yang dominan berpengaruh  terhadap pembelian laptop

TUJUAN  DAN  MANFAAT  PENELITIAN

A. TUJUAN PENELITIAN

1)      Untuk mengetahui   faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli laptop  di gerai “Sriwijaya Komputer” ditinjau dari aspek –aspek   individual,  lingkungan dan stimuli pemasaran .
2)      Untuk mengetahui  faktor yang dominan  mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli laptop di gerai “Sriwijaya Komputer”

B. MANFAAT PENELITIAN

1)      Sebagai bahan informasi bagi pihak pemasar laptop,  khususnya dalam mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi   perilaku pembelian konsumen di gerai “Sriwijaya Komputer”.
2)      Sebagai  sumbangsih dalam bidang manajemen  pemasaran, khususnya dalam kajian  perilaku pembelian  laptop oleh konsumen. 
3)      Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat  pada masalah penelitian yang sejenis.

RUANG LINGKUP .
1)      Penelitian  dilakukan  di  gerai “Sriwijaya Komputer” Mataram .
2)      Peneliti membatasi aspek pada perilaku konsumen, yang berkaitan  dengan  faktor-faktor  yang diidentifikasi  mempengaruhi  keputusan pembelian laptop,  dilihat dari variabel-variabel yang berhubungan dengan aspek  individual,  aspek  lingkungan,  dan aspek stimuli pemasaran.

TINJAUAN PUSTAKA

PENGERTIAN PERILAKU  KONSUMEN
           Beberapa pendapat para ahli pemasaran tentang perilaku konsumen  salah satunya : Loudon dan Bitta (1988, 8) menekankan perilaku konsumen  sebagai suatu proses pengambilan keputusan. Perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan yang mensyaratkan aktivitas individu untuk mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau mengatur barang dan jasa.

MODEL PERILAKU  KONSUMEN
Model Perilaku konsumen  juga banyak dibahas oleh para ahli, seperti  :
-            Model  : Stimulus  à Kotak Hitam à Tanggapan  dari Kotler.
-            Model Engel  dkk.  dengan proses keputusan dengan fase-fase dalam kegiatan pemecahan masalah yang  dipengaruhi factor-faktor pengaruh lingkungan, perbedaan individu dan proses psikologis.
-            Model yang dikemukakan oleh Basu Swasta yaitu :
        Faktor Lingkungan à Individu à Perilaku.
-            Model Henry Assael, yang memfokuskan pada perilaku pembuatan keputusan pembelian konsumen berdasarkan pengaruh-pengaruh individu, lingkungan dan stimuli pemasaran.

Dalam penelitian ini, akan coba digali tentang model perilaku konsumen Henry Assael, yang berkaitan dengan pengambilan keputusan yang didasarkan pada aspek-aspek individu konsumen, aspek lingkungan dan stimulus pemasaran, terhadap laptop yang dibeli oleh konsumen. Adapun secara diagram, model perilaku konsumen dari Henry Assael , seperti gambar berikut :


Gambar 2.1 : Model Perilaku Konsumen menurut Henry Assael .













                                                                                                                                        






Sumber : Henry Assael (1992) “Consumer Behavior and  Marketing Action”  (dalam Sutisna, 2002, 6).

KONSUMEN SEBAGAI INDIVIDU
Aspek  yang pertama  dalam model perilaku konsumen  menurut Assael adalah  keputusan yang dilakukan konsumen dilihat dari sisi konsumen secara individual. Aspek ini menjelaskan bahwa pilihan  untuk membeli suatu produk dengan merek tertentu dipengaruhi oleh hal-hal yang ada pada diri konsumen.  Kebutuhan, persepsi terhadap karakteristik merek, sikap, kondisi demografis, gaya hidup dan karakteristik kepribadian individu  akan mempengaruhi pilihan individu itu terhadap berbagai alternatif merek yang tersedia (Sutisna, 2002, 6).
            Dalam penelitian ini   variabel-variabel yang  digali dari aspek individu  adalah : kebutuhan akan laptop, pendapatan keluarga  dan persepsi konsumen terhadap laptop.


LINGKUNGAN KONSUMEN
Aspek kedua yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah  lingkungan, di mana pilihan-pilihan konsumen terhadap merek dipengaruhi oleh lingkungan yang mengitarinya (Sutisna, 2002, 18). Konsumen diciptakan oleh  lingkungan mereka  sehingga  perlu  dipahami tentang pengaruh lingkungan yang membentuk dan menghambat individu dalam keputusan konsumsi mereka. Lingkungan  konsumen terdiri dari  budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan  situasi. (Engel et.al, 1992, 63)
            Dalam penelitian ini variable-variabel lingkungan konsumen yang akan diteliti adalah :  variabel pengaruh teman/tetangga, interaksi sosial,  kecenderungan  ikut mode dan referensi teman.

STIMULUS  PEMASARAN
Aspek  ketiga yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen   adalah stimuli pemasaran atau strategi pemasaran. Dalam model ini aspek strategi pemasaran  merupakan satu-satunya aspek yang dikendalikan oleh pemasar. Pemasar mempengaruhi konsumen dengan menggunakan stimulus pemasaran seperti iklan dan sejenisnya agar konsumen bersedia memilih merek produk yang ditawarkan.
           Dalam penelitian ini variabel-variabel stimuli pemasaran yang akan diteliti terdiri dari :  tampilan laptop, kualitas, citra merek, fitur yang tersedia, harga, promosi, ketersediaan  laptop di outlet, layanan purna jual, dan kemudahan untuk menjual kembali.


KERANGKA PIKIR PENELITIAN

      Untuk mengarahkan penelitian ini, maka kerangka pikir penelitian ini mengacu kepada model perilaku Konsumen dari Henry Assael berikut  :

 

Gambar. 2. 4.   Kerangka Pikir  Penelitian































Sumber  :  Hasil penelitian terdahulu dan landasan teoretis

 


METODE  PENELITIAN

JENIS PENELITIAN :
Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu penelitian  yang  dilakukan  untuk melakukan pemecahan masalah pada saat sekarang, melalui pengumpulan dan pengolahan data kemudian  melakukan penarikan kesimpulan. Dalam hal ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  perilaku konsumen dalam mengambil keputusan  pembelian laptop, khususnya di gerai “Sriwijaya Komputer” Mataram.

POPULASI DAN SAMPEL RESPONDEN
Jumlah populasi    pembeli laptop di gerai “Sriwijaya Komputer” Mataram tidak diketahui secara pasti. Oleh karena itu, penentuan sampel responden akan menggunakan metode non probability random sampling, yakni pengambilan sampel dengan tidak memberi kesempatan atau kemungkinan yang sama pada setiap individu yang ada dalam populasi untuk dijadikan sampel   (Amirin,  1990, 146).   Jumlah sampel responden ditentukan sebanyak 100 responden,  dengan teknik penentuan sampel   aksidental sampling
 
IDENTIFIKASI VARIABEL PENELITIAN
Variabel-variabel yang  akan dipergunakan  digali dari ketiga aspek  yang mempengaruhi keputusan konsumen di dalam melakukan pembelian suatu produk, yaitu dari aspek  individual konsumen, aspek  lingkungan dan aspek  stimuli pemasaran yaitu :

-Kebutuhan akan alat kerja (X1)
-Pendapatan konsumen (X2)
-       Persepsi konsumen thd. laptop (X3)
-Pengaruh teman/tetangga (X4)
-Interaksi Sosial (X5)
-Kecenderungan mengikuti mode (X6)
-Referensi teman (X7)
-Tampilan produk (X8)

-      Kualitas (X9)
-      Merek (X10)
-      Fitur yang tersedia pada  laptop (X11)
-      Harga laptop (X12)
-      Promosi yang dilakukan  (X13)
-      Ketersediaan produk di pasaran (X14)
-      Layanan purna jual / garansi (X15)
-       Kemudahan menjual kembali  (X16)

 PROSEDUR ANALISIS
Berdasarkan tujuan penelitian, maka  model analisis  yang digunakan  adalah : Analisis deskripsi tabel distribusi frekuensi dan analisis faktor.
           Analisis deskripsi tabel distribusi frekuensi  digunakan untuk mendeskripsikan  keadaan umum responden dengan bantuan tabel distribusi frekuensi, untuk memberikan informasi yang memadai dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan penelitian.
 Analisis  Faktor merupakan alat yang umum digunakan untuk mereduksi data dengan tidak membedakan antara variabel dependent dengan variabel independent (Malhotra, 1996, 646)
Secara matematis model analisis faktor  sebagai berikut (Simamora, 2002, 93) :

  Xi  =  Ii1F1 + Ii2F2 + Ii3F3 …..+ ei.

Di mana :
  Xi  =   skor  standar ke-i
  I i  =   faktor loading

  F   =  skor faktor

  ei  =  error varians.

Sedangkan faktor (F)  adalah variabel turunan dari  sejumlah variabel yang berhubungan, yang dapat disajikan sebagai kombinasi linier dari variabel-variabel aslinya. Formulasinya sebagai berikut  (Simamora, 2002, 96) :
                         Fj  =  bj1 Xs1 +  bj2 Xs2  +   …. +  bjkXsk.
                     
             Di mana :
            Fj  =  skor faktor ke-j
            bj  = koefisien skor faktor pada faktor ke-j
            Xsk = variabel ke-k (distandarisasi).
            k    = jumlah variabel

Langkah-langkah  dalam  analisis faktor meliputi :
1.    Membuat matriks korelasi terhadap semua faktor, menggunakan Barlett Test of Spherity (BTS), dan indeks KMO untuk menentukan apakah analisis faktor dapat dilakukan.
2.    Mengekstraksi faktor, yaitu menetapkan jumlah faktor berdasarkan eigenvalue dan total varians. Dengan nilai eigenvalue lebih besar atau sama dengan satu, faktor tersebut dominan dalam membentuk model.
3.    Melakukan rotasi faktor matriks, untuk kemudian dinilai loading faktornya, kemudian akan  dapat diidentifikasi faktor-faktor yang lebih mudah untuk diinterpretasikan dengan memilih nilai faktor yang lebih besar atau sama dengan 0,50.

HASIL PENELITIAN
       Analisis terhadap jawaban pertanyaan yang diajukan kepada 100 orang responden  dilakukan dengan menggunakan Analisis Faktor.  Dengan bantuan pengolah data SPSS ver. 11.0, diperoleh   faktor-faktor yang diekstraksi dari 16 variabel yang diteliti seperti tabel 4.1 berikut :

Tabel  4.1 : Pengelompokan   Faktor  Berdasarkan Loading Factor Variabel  
       Variabel
     F1
    F2 
   F3
  F4
  F5
  F6
Citra merek laptop (X10)
  0,914

 



Tampilan laptop (X8)
  0,901





Fitur yang tersedia (X11)
  0,842





Harga laptop (X12)
 
 0,946




Kemudahan menjual kembali (X16)

 0,926




Kualitas laptop (X9)

 0,677




Pendapatan keluarga (X2)


 0,880



Kebutuhan  alat kerja (X1)


 0,862



Persepsi tentang laptop (X3)


 0,836



Interaksi sosial  (X5)



 0,838


Mode laptop (X6)



 0,797


Referensi teman (X7)



 0,734


Ketersediaan produk di pasar (X14)




0,849  

Layanan purna jual (X15)




0,787

Promosi (X13)





0,876
 Sumber  ; Data primer  diolah, berdasarkan hasil pengolahaan data SPSS ver.11.0 (p.7), Rotated Component Matrix.

         Dari tabel 4.1  di atas,  maka terdapat 6 faktor yang dibentuk oleh  15 variabel penelitian yang diidentifikasi sebelumnya. Dari pembentukan faktor-faktor di atas,  satu variabel yang dikeluarkan dari model, yaitu variabel pengaruh teman/tetangga (X4).     Pemberian nama faktor sesuai dengan  pengelompokan variabel seperti tabel 4.2 berikut :

Tabel   4.2 :     Nama dan Spesifikasi  Faktor yang  Mempengaruhi Keputusan Membeli Laptop  di Kota  Mataram.
No
Nama Faktor
Variabel
Loading Factor
Eigen- value
Varians ( % )
Kumltf vars (%)
1
Bauran Produk
- Citra Merek
- Tampilan laptop
- Fitur yg tersedia
0,914
0,901
0,842
3,070
19,188
19,188
2
Harga dan Kualitas

-  Harga laptop
-    Mudah menjual  lagi
- Kualitas laptop
0,946
0,926
0,677
2,683
16,767
35,955
3
Individual Konsumen
-   Pendapatan keluarga
-  Kebutuhan alat kerja.
-  Persepsi ttg laptop
0,880
0,862
0,836
1,976
12,347
48,302
4
Lingkungan Konsumen
-    Interaksi sosial
-    Mode laptop
- Referensi teman
0,838
0,797
0,734
1,843
11,521
59,823
5
Sistem Distribusi
- Ketersediaan produk
-  Layanan purna jual
0,849
0,787
1,344
  8,402
68,225
6
Promosi
-  Promosi

0,876

1,065
  6,659
74,884
       Sumber  : Data primer, diolah berdasarkan hasil  analisis SPSS ver. 11.0 (p. 12 & 13)

SIMPULAN  DAN  SARAN/REKOMENDASI

Simpulan
Dari hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan  hal-hal  sebagai berikut :
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli laptop di kota Mataram   terdiri dari  6 faktor yang dibentuk oleh 15 variabel (satu variabel, yaitu pengaruh teman/tetangga  keluar dari model), yaitu  :
-       Faktor  bauran produk terdiri dari 3 variabel yaitu merek, tampilan laptop, dan fitur yang tersedia. Faktor bauran produk  dengan eigenvalue 3,070 dan varians 19,188 persen.
-       Faktor harga dan kualitas  yang terdiri dari  3 variabel yaitu variabel harga, kemudahan menjual kembali dan kualitas.  Variabel harga dan kualitas   dengan eigenvalue 2,683 dan varians 16,767 persen.
-       Faktor individual konsumen  yang terdiri dari 3 variabel yaitu pendapatan keluarga, kebutuhan akan alat kerja dan  persepsi tentang laptop.  Nilai eigen untuk variabel individual konsumen 1,976 dengan varians 12,347 persen.
-       Faktor lingkungan konsumen yang terdiri dari  3 variabel yaitu  interaksi sosial, mode laptop dan referensi teman, dengan eigenvalue 1,843 dan varians 11,521 persen.
-       Faktor  bauran distribusi  yang terdiri dari 2 variabel yaitu ketersediaan laptop di pasar atau outlet terdekat dan layanan purna jual. Nilai eigen dari faktor bauran  distribusi ini 1,344 dan varians 8,402 persen.
-       Faktor promosi yang dibentuk oleh variabel tunggal yaitu variabel promosi dengan eigenvalue 1,065 dan varians 6,659 persen.
Nilai varians kumulatif keenam faktor di atas sebesar 74,884 persen  yang berarti bahwa hasil penelitian ini mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli laptop di kota Mataram  sebesar 74,884 persen dan sisanya sebesar  25,116 persen dijelaskan oleh faktor lain di luar faktor yang diidentifikasi.
2.      Faktor yang  dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian laptop di kota Mataram adalah faktor bauran produk, yang terdiri dari variabel  citra merek, tampilan laptop, dan fitur yang tersedia, dengan  eigenvalue  sebesar  3,070 dan nilai varians 19,188 persen. Dengan demikian maka  citra merek, tampilan laptop dan fitur yang tersedia dalam  laptop yang akan dibeli konsumen merupakan  pertimbangan yang paling  mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli laptop.

Saran/Rekomendasi
1)            Pemasar laptop   perlu mempertimbangkan  variabel-variabel faktor bauran produk, khususnya citra merek, tampilan laptop dan fitur yang tersedia tersebut sebagai salah satu strategi untuk menarik minat konsumen, khususnya dalam  usaha meningkatkan volume penjualan laptop.
2)            Kegiatan penelitian  sejenis yang berkaitan dengan  faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen laptop,  perlu terus dilakukan oleh peneliti lain, mengingat  selera konsumen  akan terus mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan waktu dan perkembangan teknologi yang mengikuti produk yang dipasarkan, sehingga dinamika perilaku keputusan pembelian konsumen dalam membeli laptop  dapat terus  diikuti oleh pihak pemasar untuk  bahan pertimbangan penyusunan strategi pemasaran.



                                              










DAFTAR  PUSTAKA
Agung, I Gusti Ngurah ,(1993), Metode Penelitian Sosial, Pengertian dan Pemakaian Praktis, LP3ES  
            Jakarta.
Cravens, David W., (1994) Strategic Marketing, 4th  ed. Alih Bahasa, Lina Salim, Penerbit Erlangga,   
            Jakarta.
Darudoyo,  Hendarto. , Ferryandi Rahadyan dan Benyamin Fransiskus Sidabutar  (2001),  Yang Gemilang   
             dan  yang Terseok, Majalah   Warta    Ekonomi,  No. 03/THN.XIV/  Tgl. 21 Januari  2002, 
             Jakarta, h. 46  -  52.
Dharmmesta, Basu Swasta (2000)  Azas-azas Marketing, Ed. Ketiga, Cet. Keempat, Penerbit Liberty,              
             Yogyakarta.
Engel  James F., Roger D. Blackwell, Paul W Miniard,  (1992), Consumer  Behavior, The Dryden Press  
             ( Alih Bahasa : Drs. F.X. Budiyanto, 1994 , Perilaku Konsumen, Binarupa Aksara Jakarta).
Herizon, Wenny Maylina, (2003), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Pasta Gigi 
             Pepsodent di Surabaya,  Jurnal VENTURA, STIE Perbanas Surabaya, Vol. 6 No. 1 April 2003, 
             h. 98 – 115.
Kotler  Philip, (2000), Marketing Management, 10 th  Edition, Prentice Hall, Inc. New Jersey 07458 
             (Alih Bahasa : Drs. Benyamin Molan, 2002, Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Loudon, L. David & Albert J. Della Bitta, (1988) , Consumer Behavior, Ed. 3,  Mc Graw-Hill Book 
             Company, New York.
Malhotra, Naresh K (1996), Marketing Research An Applied Orientation,  Second Edition, Prentice-             
             Hall International, Inc, New Jersey.
Nazir Moh., Ph.D, (1995), Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Rangkuti  Freddy, (2002)  Measuring  Costumer  Satisfaction, Teknik Mengukur dan Strategi 
             Meningkatkan  Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN – JP, Gramedia  Pustaka  Utama, 
             Jakarta.
Simamora,  Bilson, (2002), Panduan Riset Perilaku Konsumen,  Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sigit, Soehardi,  (2001), Pengantar Metodologi Penelitian, Sosial, Bisnis, Manajemen, Bagian Penerbitan 
             Fakultas Ekonomi Universitas Sarjana  Wiyata Taman Siswa Yogyakarta.
Sugiyono, (1999),  Statistika Untuk Penelitian ,  Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
Sutisna,  (2002), Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran,  Pengantar Prof. Dr. Teddy Pawitra, PT. 
             Remaja Rosdakarya, Bandung
Tjiptono, Fandy,  (2002),  Strategi Pemasaran,  Penerbit   ANDI  Yogyakarta.

‘*  Naskah ini dimuat pada : Jurnal VALID, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM, Vol 8 Nomor 2, Juni 2011, ISSN  : 1829 - 5037

Tidak ada komentar:

Posting Komentar